Universitas Pertamina Rilis Pusat Pengembangan Karir.

Berita Umum | 15 Mei 2019 08:11 wib Persiapkan Lulusan Berdaya Saing Tinggi di Dunia Kerja, Universitas Pertamina Rilis Pusat Pengembangan Karir (Career-UP)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri setiap tahun terdapat ribuan sarjana yang diluluskan dari perguruan tinggi di Indonesia. Momen kelulusan bagi para mahasiswa atau yang lebih tepatnya disebut fresh graduate ini menjadi momen kegembiraan sekaligus keresahan. Pasalnya setelah lulus dari bangku kuliah, tak semua fresh graduate dapat dengan mudah naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain diharapkan dapat memiliki pengetahuan yang baik sesuai dengan bidang studinya, para fresh graduate ditantang untuk memiliki kemampuan softskill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini.


Guna menjadikan lulusannya siap bersaing di dunia kerja, Universitas Pertamina merilis pusat pengembangan karir atau Career Development Center Universitas Pertamina (Career-UP) pada 18 April 2019. Acara perilisan fungsi baru universitas ini bertajuk KICK OFF & SEMINAR CAREER DEVELOPMENT CENTER UNIVERSITAS PERTAMINA (CAREER-UP) “Benarkah Fresh Graduate Kurang Memiliki Daya Saing di Dunia Kerja?”. Acara dilaksanakan di ruang auditorium gedung Griya Legita, Kompleks Universitas Pertamina dengan peserta acara merupakan perwakilan program studi dan mahasiswa Universitas Pertamina dari semua angkatan.




Pada pembukaan acara, para tamu dan peserta disambut dengan penampilan UP-RUMBA dari UKM Kesenian Daerah. Kemudian E. Byan Wahyu R, Ph.D selaku Ketua Career-UP memberikan sambutan sekaligus pemaparan singkat mengenai visi dan misi Career-UP serta fungsinya. Visi dari Career-UP adalah “Sebagai pusat pengembangan karir yang memfasilitasi mahasiswa dan lulusan supaya memiliki daya saing yang unggul pada bidang pekerjaan dan bisnis baik pada skala nasional maupun global” dengan misi antara lain; 1. Menyelenggarakan kegiatan kerjasama antara universitas dengan dunia usaha untuk meningkatkan peluang karir dan kewirausahaan; 2. Menyiapkan kompetensi dan daya saing mahasiswa di dunia kerja terutama yang terkait dengan pengembangan SDM terutama pada softskills; 3. Mengembangkan kewirausahaan mahasiswa untuk mendukung penciptaan lapangan kerja baru; 4. Mendorong peran alumni dalam pengembangan berkelanjutan pada peningkatan kualitas lulusan; dan 5. Menyelengarakan pengumpulan dan pengolahan data lulusan sebagai dasar evaluasi perkembangan kualitas lulusan. Setelah itu, Simson Panjaitan, M.B.A. selaku Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi, memberikan sambutannya. Career-UP sebagai fungsi pusat pengembangan karir resmi dibuka setelah para perwakilan managemen Universitas Pertamina beserta pembicara serentak menggetarkan angklung sebagai simbolisasi peresmian.


Acara dilanjutkan dengan seminar yang dimoderatori Frieska Haridha, M.A., dosen Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina. Pembicara pertama adalah Indah Kurnianingsih - Performance dan Competency Management Manager PT Pertamina (Persero) yang mewakili sektor industri energi. Pesan penting yang disampaikan oleh pembicara pertama ini adalah bahwa “Kesempatan tidak datang dengan sendirinya, tetapi kita yang menciptakannya” yang berarti mahasiswa harus proaktif mempersiapkan diri dengan terlebih dahulu memahami kebutuhan industri. Senada dengan itu, pembicara kedua yaitu Aloysius Budi Santoso, M.M. - Chief Corporate Human Capital Development PT Astra Internasional Tbk yang mewakili industri non-energi menyampaikan bahwa “Tidaklah penting seberapa besar atau kecil kapasitas kita, tetapi apa yang kita isikan ke dalamnya yang menjadi penting”. Artinya mahasiswa harus terus mengembangkan kompetensi dan keahliannya baik hardskill maupun softskillnya melalui banyak kegiatan baik akademik maupun ekstrakulikuler di dalam maupun di luar kampus. Setelah penyampaian materi peserta diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan pembicara. Acara ditutup pada pukul 12.30 WIB dengan diserahkannya plakat kepada para pembicara.





Melalui acara seminar ini diharapkan sebagai calon fresh graduate yang akan bersaing di dunia kerja tidak hanya mempersiapkan nilai IPK yang tinggi. Lebih jauh, sebagai calon fresh graduate mahasiswa harus terlibat aktif dalam kegiatan dan organisasi kepemimpinan, sosial masyarakat, dan pengembangan karakter lainnya. Hal di atas dilakukan guna mematangkan kemampuan penting seperti: leadership, manajemen emosional, manajemen manusia, negosiasi, adaptibility, dan kreativitas. Sehingga, dalam prosesnya mahasiswa Universitas Pertamina dapat memperoleh informasi dan bimbingan berkaitan dengan pengarahan, pembekalan, pelatihan, dan evaluasi rencana karir melalui fungsi Career-UP di Gedung Rektorat lantai 4.

Dilihat 1039 kali
Link