Tracer Study Pertama Universitas Pertamina 2021, Bagaimana Hasilnya?

Berita Umum | 26 Januari 2022 00:00 wib Halo Sobat Alumni! Pada Agustus sampai Oktober 2021, Universitas Pertamina mulai melaksanakan Tracer Study untuk alumni lulusan tahun 2020. Tracer study merupakan sebuah studi pelacakan jejak lulusan yang dilakukan 2 tahun setelah alumni lulus perkuliahan. Tracer study bertujuan untuk mengetahui hasil pendidikan seperti transisi dari dunia perkuliahan ke dunia kerja, lama studi, persebaran alumni, hingga penilaian aspek pembelajaran dan manfaat program studi.




Target responden pada pengisian Tracer Study Universitas Pertamina 2021 adalah seluruh alumni Universitas Pertamina yang lulus pada tahun 2020 yang berjumlah 652 orang. Pengisian kuesioner tracer study dilakukan melalui tautan yang dikirimkan ke alamat email masing-masing alumni dengan kode unik berupa pin yang berbeda untuk setiap responden.

Persentase alumni yang mengisi tracer study Universitas Pertamina 2021 adalah 88,19% atau 575 alumni. Sebagian besar alumni Universitas Pertamina menyelesaikan studi secara tepat waktu, baik program studi saintek maupun sosial. Untuk kategori status alumni dibagi menjadi 5 bagian, persentase status alumni tertinggi yaitu Bekerja dengan 58,43% atau 336 alumni yang sudah bekerja. Sisanya berwirausaha dan melanjutkan studi. PT. Pertamina Lubricants menjadi salah satu perusahaan tempat alumni bekerja dengan jumlah terbanyak. Selain itu terdapat juga peta persebaran alumni, dimana sebagian besar alumni berdomisili di Indonesia. Alumni yang berdomisili di luar negeri adalah alumni yang melanjutkan studi.    

Pada penelitian tracer study terdapat informasi mengenai waktu tunggu alumni sebelum mendapatkan pekerjaan pertama. Secara umum, alumni memiliki pekerjaan pertama setelah lulus yudisium yakni sebanyak 86,6%, kemudian sebelum lulus yudisium sebanyak 13,4%. Rata-rata waktu tunggu alumni Universitas Pertamina untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus yudisium adalah 5,7 bulan dan median 5,5 bulan.  Adanya keberagaman program  studi mempengaruhi bidang usaha pekerjaan alumni. Bidang usaha alumni paling banyak termasuk ke dalam kategori Industri pengolahan, manufaktur, dan paling sedikit berada pada kategori Lingkungan serta Pertanian, perikanan dan perhutanan.

Penelitian tracer study juga mendata sumber biaya kuliah alumni lulusan tahun 2020 ketika berkuliah di Universitas Pertamina, sebanyak 28 lulusan atau 65,1% alumni melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri. Sebanyak 15 lulusan atau 34,9% melanjutkan kuliah menggunakan beasiswa.

Universitas Pertamina juga menjadi salah satu dari 100 universitas di Indonesia yang dipilih untuk melakukan presentasi hasil tracer study oleh Kemendikbud Ristek pada 4-7 Desember 2021 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Nah itu dia sobat informasi seputar hasil tracer study Universitas Pertamina 2021, bagi sobat yang akan lulus nanti jangan lupa untuk mengisi tracer study juga ya!




Dilihat 544 kali
Link