Becoming an Irresistible Job Seeker : Mempersiapkan CV dan Job Interview

Berita Umum | 24 Mei 2019 07:13 wib Career-UP juga menyadari bahwa para mahasiswa perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi proses seleksi kerja untuk mencegah para calon lulusan yang sebenarnya sudah memiliki skill dan kompetensi yang dibutuhkan suatu perusahaan, gagal dalam melalui proses seleksi. Sehingga pengetahuan dalam pembuatan curriculum vitae (CV) yang efektif maupun persiapan job interview adalah penting bagi calon fresh graduate.

Jakarta - Persaingan di dunia kerja merupakan hal yang tidak dapat kita hindari, terlebih sejak 2015 Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga setiap orang dituntut untuk memiliki keunggulan dalam persaingan mendapatkan lapangan kerja. Mahasiswa juga harus mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan dunia kerja ketika mereka lulus nanti. Kesadaran untuk persiapan diri atas skill maupun kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja inilah yang menjadi salah satu fokus dari Career-UP sebagai pusat pengembangan karir Universitas Pertamina di bawah Direktorat Kemahasiswaan fungsi Pengembangan Bakat dan Karir dalam mempersiapkan calon lulusan. Selain dari kesadaran tersebut, Career-UP juga menyadari bahwa para mahasiswa perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi proses seleksi kerja untuk mencegah para calon lulusan yang sebenarnya sudah memiliki skill dan kompetensi yang dibutuhkan suatu perusahaan, gagal dalam melalui proses seleksi. Sehingga pengetahuan dalam pembuatan curriculum vitae (CV) yang efektif maupun persiapan job interview adalah penting bagi calon fresh graduate.


Dalam rangka memberikan pembekalan mengenai persiapan curriculum vitae (CV) dan job interview bagi fresh graduate supaya siap bersaing dalam dunia kerja, Career-UP bekerja sama dengan Divisi Karir dan Keprofesian Himpunan Mahasiswa Teknik Logistik (HIMALOG) melaksanakan Seminar dan Workshop Pada hari Sabtu 20 April 2019 dengan tema “Becoming an Irresistible Job Seeker : Mempersiapkan CV dan Job Interview’’. Narasumber dari acara ini adalah Ali Bahtiar Sirry - Executive Recruitment Consultant Industrial Division at Monroe Consulting Group, Asia. Ini merupakan acara lanjutan dari Kick Off Career Up yang diselenggarakan Kamis 18 April 2019.


Acara ini diawali oleh pembukaan master of ceremony (MC) dilanjutkan sambutan Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina. Beliau membuka acara dengan memberi pesan bahwa mahasiswa sangat perlu dalam mengembangkan integritasnya sebagai nilai penting yang perlu ditonjolkan untuk dapat bersaing di dunia kerja. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ali Bahtiar Sirry. Beliau memulai materi dengan menjelaskan tentang bagaimana membuat curriculum vitae (CV) yang baik untuk perusahaan besar dan pada penyampaian materi ini dia berpesan dalam mempersiapkan CV harus “honest, presentable, and search engine friendly”.

Bagian kedua dari materi job interview diberikan oleh narasumber Ali Bahtiar Sirry beserta tim. Bersama dengan tiga rekan dari Monroe Consulting Group, Asia untuk memberi gambaran kepada Mahasiswa tentang persiapan dan proses job interview yang baik. Beliau memberikan dua contoh role play bagaimana menghadapi job Interview dari sisi yang baik dan buruk. Ia juga berpesan kepada Mahasiswa “interview is two ways communication, know your value and make a good first Impression”.  Dengan respon yang baik, mahasiswa berharap acara seperti ini dapat diadakan setiap tahunnya.


Dilihat 718 kali
Link