Pelatihan “Calculating Carbon Footprint Workshop” Universitas Pertamina

Pelatihan | 24 Oktober 2022 00:00 wib Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina bekerja sama dengan Komunitas Migas Indonesia dan Berau Veritas Indonesia mengadakan pelatihan “Calculating Carbon Footprint Workshop” pada hari Selasa, 18 Oktober 2022. Acara tersebut diselenggarakan secara hybrid di Gedung GOR ABC Universitas Pertamina.
Pelatihan dan sertifikasi “Calculating Carbon Footprint Workshop” diselenggarakan secara daring melalui teams meeting dan secara luring di Gedung GOR ABC Universitas Pertamina. Kegiatan ini dihadiri oleh 53 peserta daring dan 31 peserta luring. Sebelum memulai kegiatan pelatihan, peserta sudah diminta mengisi pre-test untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan. 

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak S Herry Putranto sebagai Chairman of Komunitas Migas Indonesia dan Bapak Husni Mubarak Lubis sebagai Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina.  

Pelatihan dan sertifikasi “Calculating Carbon Footprint Workshop” terbagi menjadi beberapa sesi dengan rincian materi sebagai berikut : 
Session 1 : Introduction to Carbon Accounting and Climate Change 
Session 2 : Source, Scopes, and Organizational Boundaries 
Session 3 : Calculating your organization’s carbon footprint (GHG Inventory) 
Session 4 : Calculating carbon footprint of the value chain, Calculating the carbon footprint of products and services 

Pelatihan ini dipimpin oleh trainer yang ahli pada bidang tersebut, yaitu Bapak Lufaldy Ernanda (Sustainability Manager Berau Veritas Indonesia). Setelah penyampaian materi oleh trainer, peserta pelatihan yang hadir secara luring dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan studi kasus calculating carbon pada sebuah perusahaan. Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil studi kasus tersebut dan dilanjutkan dengan diskusi antar kelompok dan trainer.  

Kegiatan ditutup oleh Pak Husni dengan ucapan penutup dan pemberian souvenir kepada Komunitas Migas Indonesia dan Berau Veritas Indonesia sebagai tanda ucapan terima kasih. 


Dilihat 389 kali
Link