Loading...
Monday, 16 Dec 2019

Career-UP

Career Development Center Universitas Pertamina

Career-UP Menggelar Seminar Beasiswa dan Website Launching

Berita Umum | 26 September 2019 10:48 wib
Career Development Center Universitas Pertamina (Career-UP) menggelar seminar beasiswa dan website launching pada Jumat, 6 September 2019 di ruang Auditorium Gedung Griya Legita lantai 3, Universitas Pertamina.

Career-UP bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (HENNA UP) menggelar seminar beasiswa dan website launching yang bertema “Scholarship Talk & Career-UP Website Launching”. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk penyiapan kelulusan mahasiswa Universitas Pertamina yang ingin melanjutkan studinya dengan beasiswa dan memperkenalkan layanan yang terdapat pada website Career-UP. Acara ini mengundang pemateri dari Sahabat Beasiswa yaitu Bapak Imre Nagi, S.T, M.Sc yang merupakan lulusan dari S1Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) dan S2 Software Engineering Carnegie Mellon University, USA. 


Acara dibuka oleh Ibu Eka Puspitawati, Ph.D selaku Kaprodi Ekonomi Universitas Pertamina. Yang kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Bapak Imre Nagi terkait beasiswa. Beliau menyampaikan tentang mengapa kita harus study abroad. “Study abroad dapat memperluas jejaring kita, membuka pikiran dan wawasan kita, selain itu international exposure juga dapat memperkenalkan budaya di luar negeri diluar sisi akademis, tentunya kita dapat memperkaya pengetahuan” jelasnya. 





Selain itu pemateri menyampaikan bahwa IPK tinggi, kampus negeri, ielts 7, banyak mengikuti organisasi dan lain-lain tidak menjamin untuk tidak bisa melanjutkan studi keluar negeri ataupun di dalam negeri. Terdapat ada 200 lebih beasiswa di berbagai macam negara, jadi tiap orang memiliki kesempatan yang sama dengan persiapan yang matang. Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika kita ingin melanjutkan studi keluar negeri diantaranya adalah mencari tahu beasiswa-beasiswa mana saja yang ada, menyiapkan curriculum vitae (CV), berlatih untuk mendapatkan skor TOEFL/IELTS yang dibutuhkan universitas tersebut. Membuat Essay yang memiliki nilai jual dari diri kita. Selain itu persiapkan juga Document Legalization


Recommendation letter dibuat juga yang berhubungan dengan apa yang kita lamar. Selanjutnya persiapkan Letter of Acceptance (LOA), Universities Info, Passport & Visa, Interview dan Focus Group Discussion. Pemateri juga memperkenalkan salah satu aplikasi yang dapat membantu mahasiswa mempersiapkan studi lanjutannya dimana aplikasi merupakan produk dari Sahabat Beasiswa, aplikasi ini bernama Schoters. Schoters merupakan bimbingan online yang dapat membantu persiapan beasiswa ke luar negri.


Setelah seminar beasiswa acara dilanjutkan dengan Career-UP Launching Website yang dibawakan oleh Ibu Cheva Nicuba perwakilan dari Career-UP. Beliau menjelaskan terkait layanan-layanan yang ditawarkan oleh website Career-UP. Layanan yang diberikan website Career-UP terbagi atau employer (perusahaan), student dan Jobseeker



Layanan yang diberikan ke perusahaan dapat dinikmati apabila perusahaan telah mendaftar dan menjadi member dari website Career-UP. Layanan yang diberikan ke perusahaan diantaranya publikasi lowongan karir, layanan rekrutmen perusahaan, dan Integrated Career Expo Universitas pertamina (ICE-UP). Publikasi lowongan karir merupakan  layanan untuk mempublikasikan lowongan terkait pekerjaan, magang, kerja praktek, dan beasiswa lanjutan dari perusahaan. Career-UP memberikan jasa proses rekrutmen jika perusahaan membutuhkan. ICE-UP merupakan program bursa kerja dimana terdapat juga seminar dan workshop untuk persiapan kelulusan.


Sama dengan perusahaan, layanan kepada student dan jobseeker dapat dinikmati ketika sudah menjadi member. Bagi mahasiswa dan alumni Universitas Pertamina akan diberikan akses gratis untuk menjadi member, sedangkan untuk jobseeker selain alumni universitas pertamina belum difasilitasi. Layanan yang diberikan ke Student & Jobseeker diantaranya job vacancy, scholarship, internship, dan training. Terdapat menu job vacancy di website Career-UP untuk mahasiswa dan alumni Universitas Pertamina, dimana ada lowongan-lowongan pekerjaan dari perusahaan yang telah menjadi member. Kemudian terdapat menu scholarship, dimana terdapat informasi-informasi terkait beasiswa lanjutan. Pada menu Internship juga akan terdapat informasi terkait kerja praktek maupun magang. Terakhir pada menu Training, terdapat informasi-informasi seputar workshop, training atau pelatihan. 


Kedepannya di website Career-UP akan terdapat menu Tracer Study, Portofolio Student, dan Video Learning. Menurut Dikti  Tracer study ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui: a. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja. b. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi. c. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi”. Untuk alumni Universitas Pertamina kedepannya akan diminta untuk mengisi tracer study, dimana hasil dari tracer study tersebut akan membantu universitas mengetahui posisi lulusan yang terserap dalam dunia kerja. 


Untuk menu portofolio student, mahasiswa dan alumni Universitas Pertamina dapat mengisi hasil kerja dan prestasinya pada menu tersebut. Nantinya, perusahaan yang telah menjadi member, akan bisa melihat portofolio student tersebut dan bisa langsung merekrut mahasiswa dan alumni Universitas Pertamina. Menu Video Learning akan tersedia video-video pembelajaran yang bermanfaat dan berhubungan dengan karir, sehingga kedepannya akan sangat membantu.





Link
Dilihat 45 kali