Universitas Pertamina Hadir di Penguatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Berita Umum | 20 Februari 2020 09:23 wib Jakarta - Forum Human Capital Indonesia (FHCI) melakukan launching Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada Rabu, 12 Februari 2020 di Assembly Hall Lantai 9 Gedung Menara Mandiri, Jakarta. Dengan tema “Penguatan PMMB BUMN melalui peningkatan kolaborasi BUMN dan Institusi pendidikan” acara tersebut dihadiri oleh oleh direksi dari 143 BUMN dan rektor atau perwakilannya serta mahasiswa peserta magang dari 300 PTN/PTS di Indonesia termasuk Universitas Pertamina. Selain itu acara tersebut juga dihadiri pejabat kementrian diantaranya Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Mentri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir.

Erick Tohir tengah menyusun strategi agak BUMN berkontribusi dalam pendidikan melalui dana CSR, dana tersebut akan dimaksimalkan di angka 30% untuk pendidikan. Erick Tohir juga menginginkan agak BUMN terlibat dalam penciptaan lapangan pekerjaan.


Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga meminta agar dunia industri tidak mensia-siakan kebijakan mengenai kampus merdeka yang berhubungan langsung dengan industri. Nadiem juga mengajak industri maupun BUMN untuk berpartisipasi dalam merancang program magang bagi mahasiswa. “Kami juga menghimbau agar program magang ini tidak dilihat sebagai CSR (Tanggung Jawab Sosial) melainkan sebagai program investasi SDM berkelanjutan. Karena ini BUMN, maka membuktikan bahwa BUMN hadir untuk Negri” imbuh Nadiem.


Ketua Umum FHCI Herdy Harman mengatakan PMMB dapat menjadi alternatif ajang pencarian putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan berkembang bersama BUMN. Sedangkan bagi PTN/PTS dan mahasiswa, program magang ini dapat membantu mengembangkan kurikulum dan kompetensi mahasiswa agar mampu bersaing di pasar global. Herdy menjelaskan PMMB dimulai sejak 2018 dan telah melibatkan lebih dari 16.500 mahasiswa.


Herdy menyampaikan PMMB Batch I 2020 diikuti 4.608 mahasiswa dari 300 kampus di tanah air dan melibatkan 124 BUMN. Para mahasiswa yang mengikuti program ini merasakan pengalaman nyata magang di BUMN secara penuh selama minimal 6 bulan dan mendapatkan konversi sks oleh PTN/PTS nya. Selain itu para mahasiswa ini juga mendapatkan uang saku bulanan dan sertifikat, baik sertifikat kompetensi maupun sertifikat industri.






Dilihat 817 kali
Link