Pelatihan Tiktok untuk Bisnismu

Kewirausahaan | 13 April 2021 00:00 wib Saat ini, semua informasi mampu didapatkan secara online baik dalam menjual produk, mengedukasi atau mempromosikan produk. Hal tersebut mampu menciptakan nilai dari produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam mempersiapkan mahasiswa dan lulusan untuk menghadapi era digital ini, Universitas Pertamina melalui Fungsi Pusat Pengembangan Karir mengajak peserta Inkubasi Bisnis dan seluruh mahasiswa Universitas Pertamina yang memiliki bisnis untuk mengikuti kegiatan pelatihan “Tiktok untuk Bisnismu” yang dilakukan secara online. Kegiatan ini diadakan pada Jumat 9 April 2020. Acara dibuka oleh Rektor Universitas Pertamina yaitu Prof. Ir. Gusti Nyoman Wiratmadja Pudja, Ph.D dan pembicara dari Tiktok yaitu Caroline Elaine dan Ernaldo Sanyoto.

Kegiatan ini merupakan wadah program edukasi bagi para UMKM dan Mahasiswa Universitas Pertamina untuk membantu pengembangan bisnisnya melalui digital marketing salah satunya adalah Tiktok. TikTok adalah  destinasi video singkat yang membawa misi  kebahagiaan dalam format video singkat berdurasi 15-60s. Sebagai platform berbasis kreativitas, TikTok menghadirkan pengalaman imersif, dimana kreator, brand, hingga UMKM bisa saling menyatu dan berinteraksi, melalui creative tools yang ada di TikTok.


Selain konten-konten yang menghibur, Tiktok juga memiliki kelebihan yang dapat dimaksimalkan dalam membangun brand karena Tiktok dapat menjangkau pengguna baru yang lebih luas, brand ambassador juga dapat membuat konten yang otentik,  dan dapat mengekspresikan kreativitas. Tiktok untuk Bisnis juga merupakan solusi marketing untuk UMKM yang ingin membesarkan bisnisnya secara serius, jadi UMKM dapat beriklan secara mandiri. Agar iklan tersebut dapat sampai ke target market, ada berbagai tools yang dapat digunakan, salah satunya seperti fitur targeting yang disesuaikan dengan audience (demografi, device, interest, dan behaviour).


Tiktok juga memiliki fitur For Your Page (FYP), dimana semua video yang viral akan muncul di tiap aplikasi pengguna TikTok. Menurut Carol, ada 3 Faktor yang mempengaruhi Tiktok untuk merekomendasikan video ketika sudah dipublikasikan pengguna sehingga bisa masuk FYP diantaranya :

  1. Video Information (informasi yang terkandung di dalam video seperti captions, Hashtag, dan sounds),
  2. User Interactions (Video yang di like dan di share oleh user, account yang di follow, comments yang di post dan content yang dibuat), dan juga
  3. Device & account settings dari user (Language, country, device type). 

Universitas Pertamina berharap pelatihan yang diadakan ini dapat membuka wawasan dan kreativitas dari para pelaku bisnis khususnya mahasiswa Universitas Pertamina agar produk atau jasanya dapat lebih berkembang lagi.

Dilihat 725 kali
Link