Cerita Alumni Alzahid Muhasabah

Pojok Alumni | 18 Juli 2022 15:52 wib Sejak SMA, saya sudah suka membuat aplikasi komputer dan sering mengikuti lomba dalam bidang tersebut. Salah satu lomba yang saya ikuti adalah LKKIUP 2016 yang kemudian menghantarkan saya mendapatkan beasiswa di Universitas pertamina. Tekad saya setelah mendapat beasiswa tersebut adalah saya berjanji untuk terus mengukir prestasi.

Ternyata kenyataan tidak semulus angan-angan. Di semester 1 dan 2, saya mengalami kesulitan dalam belajar memahami materi perkuliahan seperti matematika, fisika, dan kimia. Namun saya beruntung karena dikelilingi teman-teman yang saling support memberikan bimbingan tutor sebaya yang sangat membantu saya dalam memperbaiki nilai dan mengejar ketertinggalan.

Saat itu saya sadar saya memiliki kekurangan di bidang akademik karena nilai saya tidak cukup memuasakan. Nilai saya tidak terlalu buruk, namun ada di ambang batas minimal untuk tetap mempertahankan beasiswa. Untuk itu saya membulatkan tekad untuk belajar lebih keras dan menutupi kekurangan tersebut dengan mengukir prestasi di bidang lain. Walhasil, saya mengikuti berbagai kompetisi baik di level nasional maupun internasional.

Berkat Dosen yang selalu memberikan support dan bimbingan, akhirnya saya dan team dapat meraih beberapa prestasi seperti: Peraih Insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Anugerah Prestasi Bidang Inovasi & Teknologi Universitas Pertamina 2020, Best Design Award, IAJ Special Award and Gold Award of World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2019, 3rd Winner of Research and Development of Indonesia Entrepreneur TIK 2020, 3rd Winner of Joints 2019, 2nd Winner of FindIT 2018, 3rd Winner of Mage 2017.

Selain itu, selama berkuliah saya mengasah hardskill dan softskill melalui program pemagangan. Saya magang di beberapa perusahaan yang saya impikan seperti: Kudo, Tokopedia dan PT Citra Tubindo Tbk. Saya juga aktif di organisasi kemahasiswaan baik internal maupun external.

Berkat ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan di kampus dan di luar kampus, saat ini saya berkerja sebagai Software Engineer in Engineering Productivity di PT Tokopedia (GOTO Group). Saya menangani Research and Development dan bertanggung jawab untuk memastikan kualitas dan fungsionalitas pada aplikasi Tokopedia.


Alzahid Muhasabah

Alumni Prodi Ilmu Komputer 2020
Dilihat 253 kali
Link