Pelatihan Karir Tetap Bersinar di Era Perubahan Cepat via Online

Pelatihan | 26 Mei 2020 10:46 wib Jakarta - Di era informasi dan perubahan cepat seperti saat ini dapat membuat seseorang kewalahan jika tidak memiliki kesiapan dalam menerima dan mencerna informasi yang begitu banyak. Direktorat Kemahasiswaan Fungsi Pusat Pengembangan Karir mengadakan pelatihan “Karir Tetap Bersinar di Era Perubahan Cepat” pada Senin tanggal 18 Mei 2020 via Zoom Meeting.

Pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa dan alumni Universitas Pertamina memahami dan menyadari potensi diri untuk menentukan karir yang diminati di Era Perubahan Cepat atau Era VUCA (Volatility, Uncertainy, Complexity dan Ambiguity). Pemateri dari pelatihan ini adalah Bapak Gedion Heri Widayat yang merupakan seorang Career Coach di Associate Certified Coach of International Coach Federation, USA.

 

VUCA merupakan era yang kita jalani sekarang ini, dimana perubahan sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi oleh banyak factor yang sulit dikontrol, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subyektif. Seorang peniliti dari Institute for The Future, Bob Johansen membuat suatu kajian untuk menjawab kesiapan manusia untuk menghadapi era ini yaitu VUCA PRIME Vision, Understanding, Clarity, dan Agility.

 

Pada Vision dibutuhkan fokus terhadap tujuan awal yaitu bisi sehingga kita dapat mengahapi perubahan yang tak terduga, Untuk menggapai visi yang besar maka kita memerlukan perubahan. Bapak Gedion menyampaikan bahwa “Untuk berkembang banyak perubahan untuk menjadi sempurna lebih banyak perubahan”. Jadi milikilah visi yang layak untuk diperjuangkan,

 

Understanding, pada tahap ini sangat dibutuhkan peningkatan self awarness sehingga kita dapat meningkatkan juga pemahaman tentang faktor politik, ekonomi, teknologi, legislatif pada era VUCA ini untuk menghalau ketidakjelasan.

 

Clarity sangat dibutuhkan untuk pemecahan hal kompleks atau rumit menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau sederhana agar sesuatu yang kompleks tersebut dapat menjadi lebih jelas.

 

Dan yang terakhir adalah Agility. Kemampuan untuk beradaptasi untuk disesuaikan dengan visi menjadi pendekatan yang baik pada saat dihadapkan dengan banyaknya pilihan. Maka, mendedikasikan pada pertumbuhan pribadi membuat kemampuan beradaptasi menjadi meningkat. Untuk itu, kelincahan yang dimiliki merupakan bentuk untuk menghalau kegamangan saat ini.

 

Selain VUCA, bapak Gedion juga menyampaikan beberapa hal mengenai Resilience. Resilience merupakan kemampuan untuk pulih dan bangkit kembali dari keterpurukan dan kesulitan, merasa lebih kuat dan lebih mampu untuk mengatasinya dari pada sebelumnya. Seperti halnya saat ini, di dunia sedang terjadi krisis akibat pandemi virus covid-19. Krisis ini merupakan ajang pelatihan resilience terbaik untuk dapat merasakan kekuatan sesungguhnya dilihat dari sikap manusia menghadapi krisis, hal ini dapat mengeksplorasi kemampuan terbaik seseorang.


Najmita mahasiswa program studi Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Pertamina mengatakan bahwa senang sekali bisa mengikuti webinar CAREER-UP. Najmita merasa banyak insight baru dan merasakan manfaatnya untuk pengembangan karirnya ke depan. “Terutama pembahasan mengenai VUCA sebagai tantangan di dunia bisnis masa kini. Semoga ke depannya CAREER-UP bisa terus mengadakan webinar/ event pengembangan karir yang selalu menarik serta harapannya bisa membahas mengenai tantangan dan peluang dunia kerja bagi mahasiswa di tengah pandemi ini” ujarnya.

Dilihat 387 kali
Link